Posted by : CB Kewarganegaraan Minggu, 12 Oktober 2014

Dari judul di atas yang sekaligus menjadi tema tulisan ini tentu akan menimbulkan pertanyaan baru, solusi atau masalah bagi siapa? karena tentu beda subjek maka akan beda sudut pandang yang digunakan dalam menanggapi keberadaan sepeda motor. Sepeda motor tidak dapat dipungkiri merupakan kendaraan yang paling sering kita jumpai saat ini di jalan-jalan khususnya di daerah perkotaan.Sekarang mari kita membahas mengapa sepeda motor menjadi masalah di jalanan di Indonesia

1. Data Kecelakaan Lalu Lintas
    















Dapat kita lihat dari gambar di atas bahwa sepeda motor lebih rawan mengalami kecelakaan. Data kecelakaan Departemen Perhubungan menunjukan dari 17.732 kecelakaan di seluruh Indonesia tahun 2004, 14.223 diantaranya melibatkan sepeda motor. Sementara data 2003 juga menunjukan bahwa dari 13.399 kecelakaan, 9.386 melibatkan sepeda motor. Sementara berdasarkan data kecelakaan yang diperoleh dari kepolisian Polda Metro Jaya selama tahun 2002-2007 mengenai kecelakaan di Jakarta dan sekitarnya ternyata kecelakaan mengalami kenaikan pesat. Dan 68 % diantaranya melibatkan sepeda motor. Jadi sejauh ini sepeda motor merupakan penyumbang kecelakaan terbesar di jalan raya.

2. Balapan Liar
    
    Balapan liar atau balapan ilegal sudah sering terjadi di kota kota besar. dimana para riders balapan liar memamerkan kekuatan motor nya ke semua temannya untuk membuktikan bahwa motornya terbaik. Aktifitas ini tak patut ditiru karena balapan liar dapat menimbulkan kecelakaan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © All About Bike -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -